15 February 2012

Keep your passion HIGH



Salah satu kunci sukses kita di bisnis ini adalah P A S S I O N atau bahasa pribuminya G A I R A H

kenapa ?


Dengan gairah atau kata lainnya 'semangat' tentu energi yang ada pada kita tersebut otomatis akan menular pada orang-orang disekitar. Jika kita perhatikan orang-orang disekeliling kita ada yg ekspresinya bersemangat dan ada juga yg ekspresinya datar-datar saja. Ternyata ini ada hubungannya dengan keadaan didalam tubuh.


Tubuh manusia rupanya menghasilkan SEROTONIN yang biasa disebut hormon kebahagiaan. Fungsinya banyak banget mulai dari bisa menyembuhkan luka/penyakit, bantu kerja usus, dan bisa mengatur mood seseorang. Detail ilmiahnya silahkan cek di google, tetapi saya bisa punya kesimpulan bahwa kadar kebahagiaan seseorang tergantung berapa banyak zat serotonin yg ada didalam dirinya. Makanya kita bisa lihat seseorang yang bisa segera sembuih dari sakit, bisa recover dari rasa kecewa, bisa semangat melakukan kegiatan termasuk jalanin bisnis (teteup) :P


Saya pernah lihat contoh video sebuah percobaan bagaimana hormon serotonin mampu bereaksi positif dan negatif terhadap 2 orang gadis kembar, pake nama ngarang aja Ana dan Ani ya.


Percobaan dimulai ketika si Ana dan Ani mulai bangun tidur mereka diberikan kegiatan yg berbeda:


Ana diperdengarkan musik yang up beat alias yang irama cepat kayak di BOP/WNF
Ani diperdengarkan musik yang melow alias slow dan cengeng kayak lagu2 Rinto


Ana membaca buku motivasi
Ani baca novel percintaan yg tragis


Ana nonton film humor
Ana nonton film horor


Hari makin siang ketika mereka diminta melakukan kegiatan shoping di mall yg sama tetapi secara terpisah...disini kelihatan perubahan yang signifikat akibat dari kegiatan mereka sebelumnya :


Ana begitu bersemangat berbelanja dan dia bisa memilih barang-barang sesuka hati dan bahkan dia sempat membeli barang2 untuk kembarannya Ani.


Ani merasa hari itu dia sangat tidak bersemangat melakukan aktifitas. Wajahnya murung dan ga tau mau belanja apa. Barang yg dibelinya pun ga jelas dan ga niat untuk dibeli.


Video diatas saya tonton ketika ikut seminar 7KR (7 Keajaiban Rejeki) yang dibawakan oleh si pakar otak kanan Ippho 'Right' Sentosa maka saya jadi tau bahwa untuk memancing semangat kita agar bisa tetap terjaga atau dengan kata lain prduksi serotoninnya meningkat, ada beberapa cara yang musti jadi kebiasaan rutin kita :


* Bangun tidur after berdoa yukkk dengerin lagu2 yang semangat, kalo bingung kayak apa contohnya pas lagi datang ke BOP tuh musiknya bikin nagih kan ya..hehe


* Baca buku-buku motivasi supaya kita jadi dapat banyak inspirasi


* Bikin status di twitter atau Facebook mulai sekarang jangan yang galau-galau ..ga enak juga bacanya, ganti sama yang semangat deh..nanti nular dan banyak yg nge 'like' kan seneng toh!


* Jangan sering-sering nonton film horor ya...nanti jadi penakut trus serotoninnya malah turun. Kalo saya sih malah suka nonton 'dunia lain' trus ngebayangin nantangin hantu2 nya pasti seru.


* Trus kumpul sama komunitas orang-orang yg semangat kayak Bossfamily..itu bukan cuma semangat yg nular..suksesnya juga..


Segitu aja yah tulisannya....malu udah lama ga update blog ini..


Semoga bermanfaat ya sharing nya..


Semangat teruuuusss!!

No comments: