16 September 2009

Buat Yang Baru Mulai


Tulisan ini muncul berdasarkan kumpulan dari curhat para pemula yang ingin memulai bisnis Oriflame..

Kiat apa yang harus digunakan agar usaha kita bisa manteng bahkan melesat ke level 21% yang merupakan idaman sejuta member yang mupeng tuk sukses disini.

Begini ya teman-teman..

Sebenarnya kunci sukses itu ada didalam diri kita sendiri, saya atau para upline SM up hanyalah pembuka jalan dan mentor untuk mengguide Anda agar bisa berhasil, karena kami memang berpengalaman dalam menghadapi setiap proses menuju level idaman tersebut.

Hal dasar yang harus kita lakukan untuk pertama kalinya adalah :

1. Benahi dulu diri Anda

Seperti kita ketahui disini kita akan berkenalan dan bekerja sama dengan begitu banyak orang yang tentunya memiliki karakter berbeda-beda. Sebelum Anda kenal mereka maka kenali dulu diri Anda. Mengapa?

Alasannya adalah agar Anda bisa membuat orang-orang disekitar merasa nyaman berada dekat kita apapun karekternya.

Memiliki kepribadian yang baik mutlak disini sebab sesuatu hal yang baik akan memberi dampak positif bagi orang-orang disekitarnya. Untuk itu mulai sekarang kita harus merubah sedikit demi sedikit sifat-sifat kita yang kurang baik agar banyak orang yang menyukai diri kita. Intinya miliki pribadi yang positif agar kita dapat memberikan aura yang nyaman bagi orang lain disekitar kita.

2. Miliki Impian

Sebelum Anda 'Take Action' carilah alasan mengapa Anda harus mengerjakan bisnis ini. Impian Anda harus jelas dan spesifik. Misalnya Anda ingin pergi Haji di tahun 2011 maka ukuran yang harus Anda hitung adalah berapa biaya yang dibutuhkan untuk pergi Haji ditahun tersebut. Jadi berapa pun biaya nya maka Anda akan segera melakukan tindakan unuk bisa memenuhi impian Anda tersebut. So, buat dulu ya PR nya!

3. Belajar itu tiada batasan umur

Belajar bukan hanya milik anak sekolah dan mahasiswa. Selama kita hidup kita harus terus belajar agar kualitas hidup kita menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Sebagai pemula kita harus banyak menimba ilmu lewat pengalaman. Posisi mentor disini sangat penting karena dengan bimbingan mereka maka kesalahan dalam mengerjakan bisnis ini bisa di minimalisir.

Sepanjang saya menjalankan bisnis ini banyak sekali orang-orang yang saya temui dan memiliki minat yang besar untuk berhasil. Sayangnya minat tersebut tidak diikuti dengan tindakan yang mengarah kepada hal yang baik. Ditengah perjalanan saat menemui penolakan maupun kesulitan maka mereka dengan sangat mudah mereka memutuskan untuk berhenti. Padahal....itu adalah tantangan yang harus dilalui. Dengan melewati itu semua maka setiap kali tantangan lain muncul maka kesulitan yang sebelumnya akan menjadi hal yang biasa dan itu tidaklah sulit.

Jadi...lebih baik kita mulai belajar dari pengalaman, ikuti system yang ada dan nikmati prosesnya..maka saya jamin kita akan mendapatkan manfaat dari itu semua. Berapapun usia Anda itu bukan masalah.

4. Benahi Penampilan Anda

Sebagai pemilik dari usaha yang kita jalankan, sangat dianjurkan untuk menghargai diri Anda dengan berpenampilan rapi. Jika Anda tidak suka dandan usahakan wajah Anda tetap segar dan wangi karena hal ini akan mempengaruhi penerimaan prospek terhadap Anda.

Sebuah survey di banyak belahan dunia menyatakan bahwa keberhasilan sesorang ditentukan oleh 'first impression' mereka. Jadi tampillah menarik agar Anda terhindar dari penolakan. Menarik tidak harus cantik atau ganteng tetapi seberapa baik Anda menghargai diri Anda.

5. Sering Berinteraksi dengan orang-orang Sukses

Percaya dengan pendapat "Siapa Anda dipengaruhi oleh Lingkungan dimana Anda berada"? . Untuk menjadi orang sukses maka Anda perlu belajar dari mereka. Orang sukses akan selalu berbagi kesuksesannya karena hal itulah yang membuat seserorang bisa berhasil.

Kesuksesan tidak bisa diraih sendirian tetapi melalui dukungan banyak orang. Sukses bukan berarti diukur dari seberapa uang yang dimiliki tetapi lewat seberapa banyak yang dia bisa berikan kepada orang lain, bukan hanya uang atau harta tetapi juga ilmu. Disini saya lebih setuju jika kita harus lebih banyak memberikan ilmu pada orang lain dibandingkan memberikan uang karena uang akan cepat habis tetapi ilmu akan bertahan lama.

Jangan lupa juga untuk menutrisi otak Anda dengan buku-buku motivasi, mendengarkan siaran radio dan menyaksikan program televisi yang berisi tips menuju sukses.

6. Maanfaatkan Tools yang telah Tersedia

Keberuntungan Anda di Team ini adalah lengkapnya sarana yang telah tersedia di Boss Family. Untuk kegiatan offline Anda bisa mengajak prospek/downline baru untuk mengikuti kelas-kelas training yang tersedia sementara yang jauh di luar kota bisa memanfaatkan internet atau melakukan kegiatan secara online. Jadi Tunggu apa lagi! Manfaatkan lah segera.

7. Belajar Bertanggung Jawab

Saat Anda sudah memiliki downline dalam grup dan menyatakan diri untuk mengambil kesempatan untuk sukses maka komitmen Anda dibutuhkan untuk membantu/membimbing mereka menuju keberhasilan dalam meraih impian. Bersama mereka Kita membangun usaha ini, untuk itu jadilah seseorang yang bertanggung jawab atas keberhasilan Team Anda. Mereka adalah bagian dari sukses Anda.

7. Bersegeralah

Jika kita sudah memutuskan untuk 'take action', jangan biasakan untuk menunda-nunda pekerjaan. Momentum sebuah kejadian akan cepat hilang jika berlama-lama menundanya hanya karena kita memposisikan usaha ini diurutan terakhir dari aktifitas Anda. Saya jamin jika Anda fokus terhadap rencana Anda untuk sukses maka prioritas Anda disini harus yang utama. Jika tidak maka orang lain akan segera mengambil kesempatan ini.

8. Lakukan sekarang!

Supaya tidak berlama-lama Anda menjadi orang sukses di bisnis Oriflame. Kerjakan sekarang juga dan jangan banyak alasan, kemudian lihat hasilnya.


Semoga apa yang saya tulis hari ini bermanfaat bagi teman-teman yang membaca teruta para Leader ku tercinta. (Athiek, Nani, Sabrina, IraLian, Indri, Shinta Wahyuni, Ibu Titin, Jeanny, Neng, Indah, Umi, Bune Isti, Uchiek, Evi, Umiatin, Nuryanti, Endang, dan semua yang namanya tidak bisa saya sebutkan satu persatu).

Sukses untuk kita semua.

Selamat menyambut datangnya Idul Fitri Mohon Maaf Lahir Bathin.


Salam LUAR BIASA.

Kunjungi : http://BOSSluarbiasa.com/?id=shintadelmundo

YM : shintadelmundo

E-mail : shintadelmundo@gmail.com


Shinta Febiani del Mundo
Consultant Gold Director
Oriflame Indonesia

No comments: