19 January 2015

Sukses di Oriflame ga mandang usia yang penting mau serius aja titik!

Sekian lama ga update blog rasanya kagok bener mo tulis-tulis pengalaman. Untungnya Sabtu kemaren (7 Maret) datang ke BOP dan disana hadir bintang tamu seorang anak muda berusia 22 tahun terbang langsung dari Denpasar Bali untuk memenuhi undangan Boss Family di acara BOP JDC Slipi. Entah karena bintang tamunya Noni yang merupakan Diamond termuda di dunia yang membuat lantai 6 JDC saat itu benar-benar dipenuhi peserta yang ingin mendengar langsung kisah suksesnya. Bayangkan jumlah tamu yang hadir yang biasanya 200-250 orang kali ini naik 2x lipat menjadi lebih dari 400 orang. AC ruangan jadi ga berasa tuch saking penuhnya orang.

Pengalaman Noni dimulai dengan saat dia bergabung di Oriflame. Tahun 2003 Teman satu sekolahnya saat itu memberikan katalog Oriflame. Berhubung Noni merasa bukan ceweq feminin maka dia mengabaikan tawaran katalog tersebut. Beberapa bulan kemudian sang teman kembali menanyakan perihal bisnis Oriflame, namun kali ini sudah bisa menunjukan hasil menjadi seorang Manager 15% dengan penghasilan Rp 1,5jt. Melihat peningkatan karir sang teman maka Noni memutuskan bergabung di Oriflame dan mulai menjalankan system. Saat itu di Bali memang belum ada kantor cabang Oriflame, tetapi Noni tetap gigih menjalankan bisnis Oriflame siang dan malam disela-sela jadwal kuliahnya yang padat di Univ Udayana. Selama 1 tahun pertama menjalankan system Noni sempat mencapai peringkat 12% dengan bonus yang lumayan yaitu kira2 Rp400.000 namun karena saat itu system yang dijalankan tidak efektif maka hasilnya tidak maksimal, grupnya hanya rajin mengorder barang saja hingga bonusnya sempat turun hingga mencapai Rp90rb saja. Suatu hari sang Mama menegur Noni untuk berhenti di Oriflame akibat terlalu lelah Noni menderitra penyakit thypus. Rupanya dengan kejadian ini Noni akhirnya merenung dan berdoa (kebetulan Noni menganut agama Hindu dalam doanya yang panjang Noni menghabiskan 3 batang hio kepada Sang Hyang Widi), rupanya doanya tidak serta merta langsung dikabulkan, suatu hari Noni mengkhayal memiliki upline yang ideal agar dapat membantunya berhasil di Oriflame (rupanya Noni sudah benar-benar jatuh cinta dengan bisnisnya), dengan berbekal semangat bahwa jika sudah melangkah pantang bagi dirinya untuk mundur, maka hasil dari khayalannya menjadi Upline ideal harus bisa :

-Mengadakan core meeting setiap minggu dan mengajak mereka berkomitmen
-Membimbing downline baru hingga benar-benar tau menjalankan system yang baik setelah itu melepaskan agar mandiri
-Rutin mengadakan kelas training
-Rutin mengadakan OOM

Ternyata setelah membayangkan memiliki upline ideal maka Noni mulai menerapkan pada dirinya sendiri untuk menjadi upline yang ideal bagi seluruh downline. Hasilnya sungguh diluar dugaan, dalam waktu relatif singkat Noni mencapai level 21% dan bonusnya pun mencapai Rp5,5 jt. Untuk membuktikan pada sanga Mama sengaja Noni menyimpan statement bonus tepat diatas meja makan. Hingga sang Mama bertemu dirinya dan menanyakan apakah bonus itu benar-benar hasil dari kerjanya di Oriflame. Setelah berhasil meyakinkan sang Mama maka sejak itu beliau mengijinkan sang putri untuk fokus di Oriflame.

Begitulah kisah sukses seorang Noni yang tidak ragu menyebutkan bonusnya saat ini bisa membeli 2bh Honda Vario, 1bh mobil New Honda CRV, perjalanan ke LN sebanyak 2x dalam setahun dengan 4 tiket. Ceritanya benar-benar membuat aku tersentak bahwa selama beberapa bulan ini setelah mencapai peringkat Gold Director malah enak-enakan menjadi Fat Cat (istilah dari Senior President Director peringkat no2 di dunia asal Rusia Anna Akhumayan) yaitu consultant yang lama ga naik naik peringkat karena angkat badan aja udah malas kayak kucing gendut hehehe. Bener kata para Top Leader bahwa kita harus jadi upline ideal dimata downline, leader yang baik tidak memanjakan downline tapi membimbing downline untuk berkomitmen dan mandiri. Selalu jadi center of the positif energy buat banyak orang yang akhirnya membawa kita kepada keberhasilan. Siapppp...Go Diamond!!!

No comments: